Kamis, 01 Desember 2011

makalah teknologi terbaru


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERBARU
TOILET CANGGIH











Disusun Oleh :

      Nama         :. Irfan Khaeroni
                                             NIM        : 1211705089
                                             Kelas      : IFC
     Jurusan       : Teknik Informatika



FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
2011
Toilet Super Canggih
Teknologi terbaru mutakhir toilet canggih Jepang

Bidet

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/83/Wireless_toilet_control_panel_w._open_lid.jpg/220px-Wireless_toilet_control_panel_w._open_lid.jpg.
Di Jepang, kloset modern disebut washlet (ウォシュレット?) atau kloset duduk pembasuh air hangat (温水洗浄便座 onsui senjō benza?). Kloset jenis ini memiliki beragam fitur dengan teknologi paling mutakhir di dunia.[4] Washlet Zoe adalah produk Toto yang dimasukkan ke dalam Guinness World Records sebagai toilet dengan tujuh fungsi yang paling canggih di dunia. Namun, sebagai produk tahun 1997, Washlet Zoe sekarang sudah kuno dibandingkan model Neorest yang merupakan produk mutakhir dari Toto.[33] Inspirasi membuat washlet bukan berasal dari Jepang. Kloset duduk pertama yang dilengkapi bidet sudah diproduksi di luar Jepang sejak tahun 1964. Era kloset teknologi tinggi baru dimulai di Jepang pada tahun 1980[5] dengan diperkenalkannya Washlet G Series oleh Toto. Sejak itu pula, semua kloset teknologi tinggi di Jepang disebut washlet. Hingga tahun 2002, hampir setengah dari rumah-rumah di Jepang memiliki washlet, dan jumlah rumah yang memiliki washlet justru lebih banyak daripada rumah yang memiliki komputer pribadi.[3][4] Sepintas lalu, kloset teknologi tinggi produk Jepang terlihat seperti kloset duduk biasa, namun di dalamnya terdapat fitur-fitur seperti hembusan angin hangat, dudukan kloset yang hangat ketika suhu udara dingin, pengatur tekanan dan volume semprotan air sewaktu membasuh, tutup kloset yang membuka dan menutup secara otomatis, penyiram kloset otomatis, sistem penyerap bau, dan panel kontrol nirkabel[2] yang berada di samping dudukan kloset atau dipasang di dinding yang berdekatan.[2]
Fitur dasar
Kloset  duduk berikut bidet memiliki nosel penyemprot seukuran pensil yang keluar dari bawah dudukan kloset dan menyemprotkan air. Jenis semprotan air bisa dipilih dari panel kontrol, semprotan air untuk anus dan semprotan air khusus untuk wanita.[1][3] Nosel penyemprot sama sekali tidak menyentuh anggota badan pemakai. Sesudah beroperasi, nosel memiliki kemampuan membersihkan diri sebelum ditarik ke dalam dudukan kloset. Nosel yang sama umumnya dipakai untuk membasuh buang air besar atau buang air kecil wanita, namun air disemprotkan dari lubang air dan sudut-sudut yang berbeda agar mengenai sasaran yang tepat. Sejumlah model memiliki dua nosel untuk masing-masing keperluan. Nosel juga tidak akan keluar menyemprotkan air bila tidak ada orang yang duduk di kloset. Model-model awal tidak memiliki sensor seperti ini. Pemakai yang ingin tahu, menekan-nekan tombol sambil berdiri, dan tersemprot air hangat di bagian wajah.[20]
Pengaturan
Dari panel kendali kloset teknologi tinggi dapat diatur suhu dan tekanan air sesuai selera pemakai. Menurut setelan pabrik, tekanan semprotan air ke vulva lebih kecil daripada semprotan ke anus. Peneliti di Jepang telah mengetahui bahwa sebagian besar pemakai toilet lebih menyukai suhu air yang optimal adalah sedikit di atas suhu tubuh, yakni 38 °C. Posisi nosel sewaktu menyemprot dapat diatur dari papan kontrol, ke depan atau ke belakang. Washlet produk terbaru memungkinkan pilihan semprotan air yang berdenyut atau bergetar, dan diklaim oleh produsen bisa mengurangi gejala konstipasi dan wasir.[11] Sebagian model washlet mencampur semprotan air dengan sabun sehingga proses pembasuhan bisa lebih bersih.
Pemakai washlet bisa saja tidak lagi memerlukan kertas toilet. Sebagian orang cenderung memakai kertas toilet untuk mengelap sesudah disemprot atau sebelum disemprot. Model-model washlet umumnya dilengkapi kipas penghembus udara yang suhunya bisa diatur antara 40 °C dan 60 °C untuk mengeringkan.[20]
Fitur lain
Selain dudukan kloset yang memiliki pemanas (dapat diatur dari 30 °C hingga 40 °C), washlet juga memiliki tutup yang dilengkapi sensor. Tutup kloset bisa membuka atau menutup bergantung kepada jarak orang dengan kloset.[4] Beberapa model di antaranya memiliki pemutar musik dan pengeras suara agar pemakai bisa santai. Toilet produksi Inax memutar bait-bait pertama dari Op. 62 Nr. 6 Frühlingslied karya Felix Mendelssohn. Fitur lain termasuk penyiraman otomatis, penghilang bau otomatis, permukaan kloset antikuman,[4][33][34] Beberapa model untuk orang lanjut usia memiliki sandaran lengan dan pipa untuk berpegangan ketika ingin berdiri setelah selesai. Tutup kloset juga menutup dan membuka dengan perlahan sehingga tidak bertumbukan dengan dudukan kloset. Model paling mutakhir bahkan hanya menghangatkan dudukan kloset pada jam-jam pemakai diperkirakan akan tiba di toilet berdasarkan rekaman data frekuensi dan pola penggunaan toilet. Model tertentu bahkan berpendar di waktu malam, dan memiliki pendingin udara di bawah dudukan toilet agar pemakai merasa nyaman di musim panas.[4] Toilet juga sudah dilengkapi suara yang bisa menyapa pemakai.
Papan kontrol kloset dilengkapi dengan simbol-simbol (piktogram), namun hanya ditulis dengan aksara kanji. Walaupun dengan simbol saja cukup jelas, pemakai yang tidak mengerti sistem tulisan Jepang mungkin bisa mencoba-coba dengan menekan sembarang tombol.
Jepang memang negara yang super maju, segala sesuatunya di sana sudah menggunakan teknologi yang canggih, bahkan toilet. Ya benar, toilet tempat buang air kecil dan besar diatur dengan teknologi yang super canggih di negeri sakura itu. Adalah Daiwa House yang mengusung teknologi canggih ke dalam toilet. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh toilet super canggih tersebut, terutama untuk tujuan kesehatan, karena memang target dari produk toilet ini adalah orang-orang dewasa. Lalu apa saja yang bisa dilakukan toilet yang diberi nama “Intelligence Toilet” ini terhadap penggunanya, berikut jawabannya:

  • Mampu menganalisis urine, termasuk mengukur kadar gula dalam urine.
  • Mampu mengukur tekanan darah.
  • Mengukur suhu tubuh.
  • Mengukur berat badan, skala yang terintegrasi di lantai mampu mengukur berat badan kamu sementara kamu duduk di kloset.
Semua hasil pengukuran di atas akan ditampilkan di layar computer yang menempel di dinding toilet. Canggih bukan? Toilet mampu bertindak layaknya sebuah klinik kecil. Lalu berapa ya harga untuk sebuah toilet yang super canggih ini? Memang tidak murah harga yang dibayar untuk teknologi seperti ini, yaitu berkisar antara $4100 sampai $5850 (Rp. 36-52 juta), tergantung dari modelnya.
Apakah toilet seperti ini cocok untuk dipasang di setiap rumah? Jawabannya tidak, karena jika penghuni rumah kamu lebih dari lima dan menggunakan toilet yang sama maka toilet ini tidak mampu lagi menampung data hasil pemeriksaan. Toilet teknologi Jepang ini memang didesain hanya untuk menampung data untuk 5 orang saja mengingat keterbatasan penyimpanan memorinya. Biarpun begitu, apa yang sudah toilet ini tunjukkan dengan kemampuannya sudah mampu membuat kita terkagum-kagum.
Di Jepang, bentuk toilet memang hampir sama dengan toilet duduk di Indonesia, atau di Thailand, yang membedakannya adalah toilet di Jepang mempunyai fungsi yang tidak hanya sebagai tempat pembuangan akhir (TPA) dari sistem pencernaan kita, namun juga memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Toilet di Jepang di kendalikan oleh panel elektronik, dari panel ini kita bisa mengoperasikan toilet yang sedang kita pakai sesuai dengan kenyamanan kita. Fungsi mendasar di toilet Jepang yang bisa kita temukan pada panel diantaranya adalah mengatur temperature toilet yang sedang kita duduki (ya, toilet ini memberikan rasa hangat dipaha dan pantat pemakai, sehingga merasa rileks), dan juga bisa melakukan self-spray untuk membersihkan pemakai setelah selesai membuang air besar, di mana besaran dan kecepatan sprayer bisa kita atur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan kita.
http://images.mujahidsamurai.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/SC0DCgoKCDsAAHCvmiE1/japan%20toilet.jpg?et=azb6yrkz3GrypQzqC46Csg&nmid=
Toilet itu punya beberapa fasilitas yang canggih yang kalau mau mengaktifkannya kita tinggal pencet tombol aja. ini dia beberapa fasilitasnya:
1. klosetnya bisa menghangatkan pantat kita, soalnya ada semacam alat pemanas di bagian tempat duduknya yang bisa bikin hangat pantat kita. apalagi ketika musim dingin. selain itu ada tali kecil disangkutkan di tembok yang kembali menyediakan listrik untuk memanaskannya.
2. ada tombol pengatur showernya, tombol ini berfungsi untuk mengatur tekanan air seberapa besar yang kita inginkan. hampir sama seperti kloset duduk yang ada di indonesia, hanya bedanya yang ini bisa diatur tekanannya.
3. Pengatur flusher, walaupun air yang ada di tangki habis. tangki akan terisi lagi secara otomatis ketika airnya habis.
4. pengharum otomatis.segera setelah kita selesai buang hajat. langsung tercium wangi semerbak yang membuat betah berlama-lama di toilet
Beberapa toilet yang lebih canggih bahkan bisa menyediakan musik klasik atau musik natural yang membuat pengguna semakin nyaman. Bahkan untuk yang paling canggih juga disediakan LCD yang bisa kita pakai untuk menonton film atau TV dan bahkan mengakses internet sambil buang air besar. Ada-ada saja di Jepang, tapi yah begitulah kenyataannya, kecanggihan teknologi benar-benar digunakan untuk kenyamanan hidup manusia.





DAFTAR PUSTAKA


http://id.wikipedia.org/wiki/Toilet_di_Jepang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar